Selasa, 12 Januari 2010

Err, enaknya masuk mana yaa??

Selasa, 12 Januari 2010
Euforia UAN!

Kalau menjelang UAN kayak gini, kayaknya anak-anak kelas 3 pada terserang stres UAN dan SNMPTN akut. Stres mikirin materi-materi yang belum dipelajari, stres mikirin mau kuliah dimana, stress mikirin mau ambil jalur UM yang mahal atau jalur SNMPTN yang peluangnya lebih kecil. Dan terutama, stres liat temen-temen yang lain ikutan stres! Aarghh!

Saya stres liat temen-temen yang persiapannya kelihatan lebih matang, yang selalu mengerjakan soal-soal latihan di sela-sela pelajaran, yang selalu menggumamkan hapalan-hapalan, yang selalu menenteng buku bimbel kemana-mana… Dan yang lebih bikin stres lagi,dimana-mana saya dengar pertanyaan; “Kamu mau ndaftar kuliah dimana??”. Sehari bisa 5 kali saya mendengar pertanyaan macam itu. Nggak di kantin−pas mau mbayar gorengan, atau di mushola−pas menjelang solat, bahkan pas antri di kamar mandi pun, pertanyaan itu paling sering muncul dari bibir anak kelas 3. Ckckck…

Jawaban yang diberikan dari pertanyaan itu pun bisa bervariasi. Berdasarkan pengamatan saya selama satu dekade ini, jawaban tersebut bisa menunjukkan kepribadian masing-masing individu. (halah). Mari kita lihat klasifikasinya.

1. Tipe Percaya Diri
Biasanya, orang yang termasuk dalam tipe ini, bila ditanya, “Ntar lulus SMA mau nglanjutin mana?”, akan dengan mantap dan sepenuh hati menjawab, “Kedokteran UI”. Atau “Teknik Elektro ITB”. Hmm,,tipikal orang pintar sepertinya… Jelas sekali saya tidak termasuk golongan orang-orang ini.

2. Tipe Menggebu-gebu
Ini biasanya dimiliki oleh anak IPA yang mengambil jurusan IPC (IPA pindah ke IPS). Mereka biasanya berceloteh,” Gila,materi sejarahnya banyak banget! Ini gue udah nyicil ngapalin Reformasi Indonesia, kurang pembentukan partai-partai doang! Eh, lo tau gak Budi Utomo berdiri tanggal berapa sih?? 20 Mei bukan?? Eh,bukan ding! Kalo gak salah tanggal 21 Mei! Eh, 20 apa 21 ya?? Aduh,gila nih, gue lupa lagi kan!” Atau seperti yang dialami oleh teman sebangku saya, Magista. “Kemarin aku habis les ekonomi dari jam 8 sampai jam 10, trus habis itu les sejarah 2 jam. Aku udah diajari tentang elastisitas,penawaran, dan permintaan. Pokoknya nanti kalo SNMPTN, aku bakal ngisi TPA, madas, dan ekonomi yang sebanyak-banyaknya. Trus ngisi sejarah dikit aja, 8 soal lah! Trus geografi ma sosiologi 5 soal aja,, gila tuh pelajaran susah banget! Masa di geografi ada rumus fisikanya!” Perlu dicatat, teman saya ngomong itu dengan kecepatan 60km/ jam − tanpa jeda antar kalimat.

Kok dia gak ngos-ngosan ya?? Sini aja yang ndengerin kena asma…

3. Tipe Bingung
Bila kamu bertanya kepada orang ini, mereka akan menjawab dengan mulut melongo, alis mata bertaut, dan biasanya disertai dengan menggaruk-garuk kepala. Saya ambil contoh teman saya ya… Ketika dia ditanya mau ndaftar mana, dia menjawab,” Err,masuk mana ya? Teknik kimia UNDIP kayaknya. Eh, tapi kok passing grade-nya gede ya? Kayaknya masuk Kimia murni aja deh.Eh, enaknya Kimia murni apa Teknik Lingkungan ya?? Kayaknya Teknik Lingkungan asik… Apa mungkin Arsitektur aja ya?? Ibuku lebih suka aku masuk arsitektur. Eh, tapi di arsitektur kan berat. Aduh, aku bingung ni… Menurut kamu gimana??”
Zzzz….

4. Tipe Tak Punya Pendirian
Oke, sepertinya saya masuk golongan ini,hahaha. Dulu saya ditanyain temen-temen, “Kamu mau masuk jurusan apa, Vit??” Dengan mantapnya saya menjawab,” Planologi! Enak lo, kita ntar ngrancang kota. Trus ntar kita KKN-nya di Thailand atau Singapur gitu deh! Trus kalau kerja nanti, gajinya gede lo!” Selang 2 minggu, saya ditanya lagi, “Jadi masuk Planologi,Vit?” Yang saya jawab,” Aduh, nggak deh. Teknik kan berat.. ntar kalo aku stress gimana??Aku jadinya mau masuk Psikologi og. Di psikologi kita bisa belajar mendalami sifat manusia lo,, jadi nanti kan ilmunya juga bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Toh dari dulu aku pengen jadi psikolog. Ni,aku sampe beli buku persiapan SNMPTN IPS biar bisa keterima di Psikologi UGM…” . Selang 3 minggu, teman saya ngajak saya ikut tambahan IPS, yang saya tolak dengan,” Aduh, aku kayaknya gak jadi masuk Psikologi deh. Sekarang aku malah pengen masuk Ilmu Gizi. Kata temenku sih enak, ntar kita berusan dengan makanan gitu .” Selang seminggu, saya berubah pikiran lagi. “Aku gak jadi masuk ilmu Gizi og, habis pelajarannya kimia gitu , aku kan gak suka kimia. Aku mau masuk Statistika aja deh, lulusan Statistika UNDIP dapet kerja yang bagus-bagus lo katanya…”
Doooh…

5. Tipe Pasrah
Temanku yang termasuk tipe ini, bila ditanya mau ndaftar universitas mana, dia akan menjawab, “Mau masuk universitas yang menerima aku apa adanya…” Yee, emang cari jodoh apa??

6. Tipe Pasrah Akut
Tipe terakhir ini, bila anda tanya, “Mau ndaftar mana?”, mereka akan menjawab dengan tampang melas; “Mau ndaftar KUA aja…”
Wakakaka

Anda sendiri termasuk tipe yang mana??

3 komentar:

Edo Belva mengatakan...

hahaha..
kui ndak ada yg nyindir aku al?? teknik elektro itb!!

rajin posting ik sekarang..

tiw tiw mengatakan...

jadinya statistik beneran?? hehehe...
santai vit, nggak semua yang heboh itu bakal oke nantinya :P
wish you luck!!

Viita mengatakan...

@ edo: hahaha, ada yang kesindir nih..

@tiwi: kalo gak berubah pikiran lgi wi,hehe
waa,thx a lot :D

Posting Komentar

 
Tauk- Ah - Gelap © 2008. Design by Pocket