Sabtu, 29 Agustus 2009

5cm

Sabtu, 29 Agustus 2009



Hari Jumat kemarin aku habis baca novel 5 cm.

Pertama-tama, ceritanya biasa saja sih, kurang greget. Dan juga, gaya penceritaannya kurang ‘matang’. Kadang kita susah menangkap apa yang dimaksudkan si pengarangnya. Ada beberapa jokes yang aslinya tuh lucu banget, kalau memang bener-bener dicerna, sayangnya aku males,hehe... Tapi setelah makin kebelakang, makin kebelakang, kok keren ya?? Ada banyaak banget pesan yang disampaikan buku ini; tentang mencintai ibu pertiwi ini, tentang jangan pernah menyerah dalam meraih cita-citamu, apa pun hambatannya. Banyak juga percakapan-percakapan cerdas yang terjadi antar tokoh.Hal yang aku suka dari buku ini, adalah sisipan kata-kata mutiara dan beberapa (banyak ding!) lirik lagu. Baca buku ini bikin aku berfikir,”Damn,this is really really me!” Jokes-jokesnya yang aneh, tapi kadang bikin ngakak-ngakak; lirik lagunya; sisipan quotes di setiap cerita; gue banget!

Ini quotes yang paling aku suka


“…Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu…jangan menempel. Biarkan…”
“Dia…
“Menggantung…”
“Mengambang…”
“5 centimeter…di depan kening kamu…”
“Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu, segala kenginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…”
“…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung, mengambang di depan kening kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma…”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.”
“Lapiskan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…”
“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…”
“Serta mulut yang akan selalu berdoa…”
“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi atau keinginan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapapun…Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.”
“Percaya pada…5 centimeter di depan kening kamu.”



(bagian yang “….bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan.” Gosh, bener-bener nyindir aku TT...)

Kamis, 27 Agustus 2009

Tragedi Smaga

Kamis, 27 Agustus 2009
Hmm, percaya gak sih, sama kesialan yang beruntun??
Percaya gak percaya, minumnya Teh Botol Sosro… *LHO??*
Maksudku, percaya aja deh, ma peristiwa yang terjadi di Smaga ini. Dijamin, cerita ini tanpa rekayasa. Bila ada kemiripan nama tokoh, hal itu merupakan hal yang tidak disengaja. *JENG JENG JENG*

Kamis,13 Agustus 2009
Ada salah satu anak Smaga, kelas 12,cewek, yang kesandung sampai pelipisnya berdarah-darah. Waktu itu aku lagi duduk-duduk di undakan depan Bahasa Indonesia 3, ada beberapa anak cowok lagi mapah cewek. Aku kira sih,tu cewek mau dikerjani. Aku ketawa kecil, tapi pas nengok ke belakang,,BUJUGBUSET! Tuh lantai penuh darah yang tercerer-cecer! Bener-bener mirip salah satu adegan di film detektif. Apalagi gayanya Ifa yang sok menelusuri jejak-jejak darah… Berasa syuting Conan,Fa??



darah!!!



Sabtu,15 Agustus 2009

Yang kali ini lebih parah. Ada anak kelas 10 yang jatuh dari lantai 2 waktu lagi lomba Ganesha Adventure. Katanya sih dia mpe patah tulang segala. Hmm, hope he’ll get well soon…

Minggu,17 Agustus 2009
Upacara 17 Agustus di sekolah, tali benderanya putus! Pertanda apakah ini,,mengerikan sekali… Apakah anda memperhatikan, semua kejadian ini berjarak masing-masing 2 hari?? Apakah ini sebuah kutukan dari hantu toilet,,karena anak-anak Smaga mengguyur WC kurang bersih??? TIDAAKK!!! (kelebihan makan Chocholatos jadinya begini deh…)

Aku,Ucik,ma Gista mpe berunding,”Aduh,kok kejadiannya berpola gini ya.. Besok tanggal 19 kejadian apa lagi ya? Naudzubillah…

Rabu,19 Agustus 2009
Yep, jangan pernah berfikir kalau kemalangan tidak akan menimpamu. Kali ini korbannya saya sodara-sodara… SAYA. Pagi ini saya menjatuhkan sekitar 5-7 motor di parkiran. YUPZ! Lima sampai tujuh motor! Betapa naifnya saya, kalau berfikir saya tidak akan kenapa-napa, kalau saya akan menjalani hidup tenang selamanya, kalau marabahaya tidak akan mendatangi saya…

Tadi pagi kan aku mau parkir di depan ruang seni… Nah,waktu aku sedang memundurkan motorku, GAK SENGAJA bagian depan motorku nyenggol motornya bapak penjaga sekolah. Ya Allah,nyenggol dikit doang,suer! Tapi tiba-tiba, NGIUUNG, BRUUK. Motornya jatuh. Aku yang saat itu posisinya lagi ada di atas motor, cuma melongo. Well, aku kira masalah udah selesai. Tiba-tiba lagi, NGIUUNG, BRUUK. Motor sebelahnya ikut jatuh dengan anggun. Oke,panik mode on. Aku melihat sekeliling, memohon bantuan. Tapi disekelilingku cuma ada adik kelas cewek, yang sama-sama bengongnya kayak aku. Tiba-tiba lagi, NGIUUNG,BRUUK,BRUUK,BRUUK. Dua atau tiga motor jatuh karambol. Panik stadium 4. Aku benar-benar speechless, dan melihat adiknya dengan tatapan super-duper-melas, memohon pertolongan. Tapi adiknya cuma berdiri, gak melakukan apapun! Dan, mataku menatap motor yang akan tumbang lagi. Panik stadium 9. Aku antara ingin mencegah motor itu biar gak jatuh atau mempertahankan posisi motorku-yang-sedang-aku-naiki-yang-juga-lagi-oleng. Dan yang paling mengherankan, adik-kelas-cewek-tak punya jiwa sosial itu cuma berdiri saja, gak nolongin sama sekali! Padahal dia sedang berada pada posisi bebas, gak lagi terjebak di atas motor kayak aku! Rasanya kaya pengen marah,mengumpat,nangis,dan juga ketawa. Aslinya kejadian itu lucu banget,sumpah, ASAL BUKAN AKU YANG NGALAMI.

Dan akhirnya motor itu tumbang juga, dengan membawa motor di sebelahnya tumbang bersama. Aku yang akhirnya sadar dari trans-ku, akhirnya langsung memarkir motorku asal-asalan, naruh helm, lalu lari menuju motor yang aku jatuhin tadi, dan mengangkatinya satu persatu, TANPA ADA YANG MBANTUIN! $*^%@!

Kemana perginya adik-kelas-nyebeli itu? Dia ilang,melanglang buana, gak mencoba sedikitpun buat mbantuin. Fuck

O,ya. Buat kamu yang hari itu parkir di pinggir lapangan basket depan ruang kesenian, yang merasa motornya rada-rada lecet, AKU-SANGAT-MENYESAL. Sungguh kawan, ini merupakan ketidaksengajaan. Dan buat pemilik motor biru berspion putih, maaf banget aku udak matahin spionmu,huhu… Kalau perlu, aku ganti deh. Tapi jangan yang mahal-mahal ya,, aku gak punya duit…
Waktu istirahat aku udah ngecek motor-berspion-patah, tapi kok motornya gak ada ya?? Jangan-jangan itu cuma mimpi? *ngareep*



TKP


Seperti yang telah saya sampaikan di atas, jangan pernah berfikir kalau kemalangan tidak akan menimpamu .Ingat kawan, bahaya selalu mengintaimu, dimana kamu berada. Bisa aja kamu jatuh saat kesandung tali sepatumu sendiri. Atau tas-mu menyenggol salah satu motor di perkiran dan membuat tujuh motor lainnya ikut terjatuh. Atau mungkin, ada temenmu yang dendam, lalu melempar kamu dari lantai dua (Oke,sepertinya aku harus stop makan Chocolatos)


Segitu dulu deh. Sekali lagi, aku bener-bener minta maaf sama pemilik motor-motor yang gak sengaja aku jatuhin… Luckily, setelah tragedi motor, kayaknya gak ada peristiwa-peristiwa aneh lagi. Let’s hope for the best

Kamis, 06 Agustus 2009

Sahabat

Kamis, 06 Agustus 2009

Ada satu perbedaan antara menjadi seorang kenalan dan menjadi seorang sahabat. Pertama, seorang kenalan adalah seorang yang namanya kau ketahui, yang kau lihat berkali-kali, yang dengannya mungkin kau miliki persamaan, dan yang disekitarnya kau merasa nyaman. Ia adalah orang yang dapat kau undang ke rumahmu dan dengannya kau berbagi. Namun mereka adalah orang yang dengannya tidak akan kau bagi hidupmu, yang tindakan-tindakannya kadang-kadang tidak kau mengerti karena kau tidak cukup tahu tentang mereka.


Sebaliknya, seorang sahabat adalah seseorang yang kau cintai.. Bukan karena kau jatuh cinta padanya, namun kau peduli akan orang itu, dan kau memikirkannya ketika mereka tidak ada. Sahabat-sahabat adalah orang dimana kau diingatkan ketika kau melihat sesuatu yang mungkin mereka sukai, dan kau tahu itu karena kau mengenal mereka dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang fotonya kau miliki dan wajahnya selalu ada di kepalamu. Mereka adalah orang-orang yang kau lihat dalam pikiranmu ketika kau mendengar sebuah lagu di radio karena mereka membuat dirimu berdiri untuk menghampiri mereka dan mengajak mereka berdansa. Mungkin mereka menginjak jari kakimu, atau sekedar menempatkan kepala mereka di pundakmu. Mereka adalah orang-orang yang diantaranya kau merasa aman karena kau tahu mereka peduli terhadapmu. Mereka menelpon hanya untuk mengetahui apa kabarmu, karena sahabat sesungguhnya tidak butuh suatu alasan.


Mereka orang pertama yang berkata jujur saat ada kotoran di wajahmu,atau saat bajumu belum terkancing dan kau melakukan hal yang sama. Kau tahu bahwa jika kau memiliki masalah, mereka akan bersedia mendengar. Mereka adalah orang-orang yang tidak akan menertawakanmu atau menyakitimu, dan jika mereka benar-benar menyakitimu, mereka akan berusaha keras untuk memperbaikinya. Mereka adalah orang-orang yang kau cintai dengan sadar ataupun tidak. Mereka adalah orang-orang dengan siapa kau menangis ketika kau tidak diterima di perguruan tinggi atau selama lagu terakhir di pesta wisuda.

Mereka adalah orang-orang yang pada saat kau peluk, kau tak akan berpikir berapa lama memeluk dan siapa yang harus lebih dahulu mengakhiri. Mungkin mereka adalah orang yang memegang cincin pernikahanmu, atau orang yang mengiringimu pada saat pernikahanmu, atau mungkin adalah orang yang kau nikahi.

To All My Bestfriends
I Love You

Minggu, 02 Agustus 2009

The Legend of Tempe (lebaay deeh)

Minggu, 02 Agustus 2009
I’d like to tell you about a legend of tempe di warung *****

Yeah,biasanya ku gak pernah nyensor-nyensor kayak gini. Tapi mau gimana lagi, daripada kena kasus kayak Prita dan Rumah Sakit OMNI. Gak etis aja kalo ada artikel di koran dengan judul,”Empat orang anak SMA dituntut warung ***** karena sebuah tempe.” Nah lo!

Jadi gini ceritanya

Tadi habis Try Out GO, aku,Ucik,Indah,ma Gea makan di ***** di Undip Bawah. Aku ma Gea pesen mujair bakar, Ucik ma Indah pesen lele bakar. Nah, waktu makannya udah hampir selesai, Ucik ngidam tempe bakar. Trus bilang sama mas-nya,”Mas,tempe bakar satu!” Aku tanya,”Lo cik, emang boleh beli tempe satu biji thok?”( disini jualnya satu paket gitu) Ucik jawab, “Ya nggak satu biji lah! Satu porsi to ya. Masa satu biji?? La po kowe!”


Trus kita nungguin tempenya,lamaaa banget. Aku bilang,”Wah, jangan-jangan mas-nya lupa!” Ucik bilang,”Wah, jangan-jangan tempenya belum dibuat. Ni mesti baru ngolah kedele-nya.”

Trus mas-nya akhirnya datang, tapi kok gak bawa nampan? Ternyata mas-nya cuma nanya,”Tadi yang pesan tempe siapa ya?”
Jaaah, ditungguin lama banget, malah tempenya belum dibuatin!

Ucik : Aku mas. Tempe satu ya!
Mas-nya: Owh,satu ya dik? (tampang-tampang bingung)
Gea: Iya mas, satu porsi!

Setelah menunggu lagi agak lama, akhirnya mas-nya datang bawa nampan. Kami semua pada bergairah,”La ini dia tempenya!” Aku,Indah,Ucik,ma Gea membayangkan sepiring tempe bakar,plus lalapan kol-timun-kemangi dan sambalnya. Hmm,yummy. Begitu mas-nya menurunkan nampannya-JEGLEK. Gea melongo ngliat tempenya. Ucik mukanya rada syok gitu, trus dia langsung nutup mulutnya buat nahan tawa. Aku yang disebelah mas-nya, mati-matian buat gak ketawa, sampe bibirku berkedut-kedut. Inilah tempe yang kami tungguin dari tadi.




...




Ditambahi kemangi ah, biar rada keren






Yeah,pelajaran yang dapat kita ambil : Lain kali, kalo order yang jelas
 
Tauk- Ah - Gelap © 2008. Design by Pocket