Minggu, 05 Juli 2009

Find your gifts; follow your goals

Minggu, 05 Juli 2009
Tadi bapakku masuk kamarku. Ngliat kertas-kertas gambar yang berserakan, bapakku wanti-wanti kalo aku ntar masuk jurusan seni. Katanya bapak,jurusan seni itu nggak begitu bagus untuk prospek masa depan. Bakal susah nyari kerjaan ntar. Trus dia nyuruh aku, buat masuk kedokteran. Katanya, aku punya peluang yang (agak) besar buat masuk kedokteran.

Dia bilang,”Kamu itu punya nilai plus”.

Aku mendengarkan baik-baik.

“Pertama, kamu itu dari SMA 3",bapakku menekuk jarinya, berhitung.

"Kedua,kamu itu anak dosen UNDIP”.


Yeee, emang apa pengaruhnya? Kirain kelebihan apa gitu..

Trus bapakku diem sebentar, mukanya serius, kayaknya mikir aku punya kelebihan apa lagi. Dan dia nggak nglanjutin omongannya, kayaknya sadar kalo cuma itu kelebihanku (kasihanilah saya..).

”Kan lumayan jadi anaknya dosen, bisa bebas milih-milih jurusan”.(gak yakin ma informasi yang satu ini). Tau nggak,selanjutnya dia bilang apa?

“Toh jadi dokter kan gampang, tinggal nutul nutul doang, trus selesai”, katanya sambil meragain dokter pake stetoskop. WHAT THE..???!!!



Kalau jadi dokter emang segampang itu, SEMUA ORANG JUGA BISA JADI DOKTER!!! Kalo gitu mah, dokter ntar gak laku lagi..

Aku denger omongannya bapakku, cuma bisa manggut-manggut. Gak ada minat untuk beragumen seperti biasanya. Iya,soalnya aku sendiri gak tahu ntar mau masuk jurusan apa. Biasa lah, aku emang tipe orang yang hidupnya mengalir seperti air. Gak ada bayangan sama sekali ntar masa depannya kayak gimana. Padahal teman-temanku yang lain udah punya rencana ntar mau masuk jurusan apa, di perguruan mana, dan dalam waktu sekian harus meraih gelar ini,ntar kalo udah meraih gelar ini,mau nglanjutin kuliah di luar negeri,dsb,dsb.

Aku inget, aku cuma melongo waktu si Jessica,Haunina,en Raina saling berlomba menjelaskan visinya di masa depan ntar. Aku,,boro-boro! Fyi, aku baru tahu istilah HI, SPMB, ma UM di kelas 2 SMA ini lo! Keren kan gw! Khakhakha..


Ayo donk, kasih aku saran jurusan apa yang sesuai. Gak ada bayangan ni.. Aku udah sering mbaca-mbaca artikel yang bercerita tentang gitu-gitu, tapi gak ada yang mbantu! Eh,by the way, tadi aku iseng-iseng mbaca buku les, ada artikel tentang How To Be A Successful Person. Dan ada satu kalimat yang bener-bener aku suka. Find your gifts; follow your goals. Kenali bakatmu, jalani tujuan hidupmu. Uwo!!!

Hmm, mari kita coba terapkan dalam masalah saya.

Kenali bakatmu.

Setahuku, bakatku cuma menggambar dan mengarang. Gambarku juga gak bagus-bagus amat. Nah, kalo mengarang, aku akui aku keren banget dalam hal ini! Tau nggak, sewaktu ulangan, mostly jawabanku ngarang gak jelas! Dan alhamdulillah, sering benernya,hoho.. Eniwei, aku nggak yakin kalo mengarangku itu bisa disebut bakat.

Yang kedua, jalani tujuan hidupmu.

Seperti yang udah aku sebutin di atas, AKU NGGAK TAHU TUJUAN HIDUPKU! (kasian om,,tante..) Yang jelas, aku pengen punya pekerjaan yang menyenangkan, gak bikin stress, bisa menghasilkan banyak duit, ma bisa membawa negeri ini menjadi lebih baik lagi (berasa kampanye capres). Tapi bener kok, aku pengen punya pekerjaan yang memberi manfaat ke banyak orang, kayak membuka banyak lapangan kerja, ato bikin wadah untuk menyalurkan kreatifitas buat anak-anak jalanan, ato bikin Indonesia lebih hijau .Tapi belum dapet bayangan pekerjaan apa yang cocok..

Jadi, apakah yang bisa kita simpulkan dari dua hal di atas???
Bakatku yaitu menggambar dan mengarang, sedangkan tujuan hidupku adalah punya pekerjaan yang menyenangkan, gak bikin stress, bisa menghasilkan banyak duit, ma bisa membawa negeri ini menjadi lebih baik lagi. Dua hal yang bener-bener gak nyambung, kayak Shizuka disuruh kawin sama Doraemon.

Aah,aku hopeless!!! Ada yang mau bantu??

0 komentar:

Posting Komentar

 
Tauk- Ah - Gelap © 2008. Design by Pocket